Gejala asam lambung naik

Gejala Asam Lambung dan Ciri-cirinya

Posted on

Gejala Asam Lambung ditandai dengan naiknya asam lambung atau dalam bahasa kedokteran disebut GER. Ini adalah salah satu penyakit pencernaan bagian atas. Dan gejalanya beragam. Namun beberapa di antaranya bisa kalian temui.

Nah, gejala asam lambung ditandai dengan naiknya keasaman tubuh sampai ke kerongkongan. Ada beberapa gejala yang bisa kamu dapati jika menderita penyakit ini. Gejala tersebut contohnya dada panas, seperti terbakar dan tenggorokan sakit.

Adapun secara lengkap gejalanya adalah:

Gejala Penyakit Asam Lambung

  1. Sensasi terbakar di dada (heartburn).
  2. Mulut terasa pahit
  3. Dada terasa nyeri
  4. Sulit menelan
  5. Batuk kering
  6. Suara serak atau tenggorokan sakit
  7. Regurgitasi atau adanya makanan atau cairan asam (acid reflux) yang terasa berbalik arah.

GERD kadang diremehkan, seakan menjadi atau dianggap penyakit lambung biasa. Namun ketika sudah muncul kecemasan barulah mereka sadar akan penyakit tersebut.

Nah, jika mengalami gejala seperti di atas, ada baiknya segera komunikasikan dengan dokter agar bisa ditangani. Selain itu, GERD sebenarnya muncul dari pola hidup yang salah, misal pikiran berlebihan, pola makan salah, dan pola hidup yang rusak.

Penyakit ini bisa diobati dengan dua cara:

  1. Medis
  2. Non medis

Non medis bisa memakai herbal, seperti kunyit madu, atau semisalnya. Sedangkan medis harus ke dokter untuk konsultasi.

Baca juga:

Pengobatan GERD cenderung lama, karena sebenarnya beberapa pakar mengatakan, GERD erat kaitannya dengan pola pikir. Makanya, bagi yang ingin sembuh harus mengubah pola pikir.

Akhir Kata

Sekian gejala asam lambung yang bisa admin uraikan. Hidup sehat lebih baik daripada mengobati penyakit, mari ubah pola pikir sejak dini. Dan biasakan konsumsi yang sehat saja.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *